web analytics

KH. Muslih: Dengan Manaqib Barokah Diraih

KH. Muslih: Dengan Manaqib Barokah Diraih
0 0
Read Time:2 Minute, 31 Second

Allahuma ansyur nafahatir ridwani alaih

wa amiddana bil asrorillati awda’taha ladaih

 

Doa dari manaqib Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani, dalam kitab Al-Lujain Ad-Daani karangan Sayyid Ja’far bin Hasan Al-Barzanji. Sebuah rangkaian doa penuh harapan, pada kerahasiaan pemberian tuhan. Bersimpuh bersandar pada sulthonul auliya, Syeikh Abdul Qodir yang kewaliannya mampu memecah takdir. Setelah membaca doa di atas, semoga hidup kita senantiasa diridhoi Allah Swt.

Di bulan Ramadhan kali ini, manaqib Syeikh Abdul Qodir tetap dikaji oleh KH. Faruq Qusyairi. Sudah jadi langganan beliau membacakannya. Namun, dalam pengajiannya, para santri yang mempelajari manaqib Syeikh Abdul Qodir tidak langsung mempelajari Kitab Al-Lujain Ad-Daani. Melainkan mereka mempelajari Kitab Nurul Burhan karangan kiai asal Demak, KH. Muslih Mranggen. Kitab yang menerjemahi kitab asalnya dengan arab pegon, lebih memudahkan santri kala belajar. Ulama lokal yang karya-karyanya begitu monumental.

Muslih Mranggen

Salah satu mursyid Thariqah Qodiriyyah wa Naqsyabandiyyah, nama panjang beliau KH. Muslih bin Abdurrahman Al-Maraqy. Lahir di Suburan, Mranggen, Demak tahun 1908 M dan wafat 1981 M dari pasangan KH. Abdurrahman bin Qasid Al-Hag dan Hj. Shofiyyah. Jika dilihat dari nasab ayah, beliau keturunan Syeikh Al-Jali asal Baghdad yang juga masih keturunan sahabat Ibnu Abbas Ra. Sementara dari jalur ibu, sampai ke Sunan Ampel.

Kiprah

Semasa hidup,  beliau merupakan penggiat Jam’iyah Ahlit Thariqah Al-Muktabarah An-Nahdliyah (Jatman). Disamping sebagai mursyid, beliau juga pendiri Pondok Pesantren Futuhiyyah. Sebenarnya, Pesantren Futuhiyyah sudah berdiri sejak era ayah beliau, 1901 M. Namun, di tahun 1927 dan 1929 M sempat ada kebijakan Bedol Pesantren dari NU cabang Mranggen yang mengharuskan beliau merehabilitasi dan mendirikan ulang Pesantren Futuhiyyah.

Setelah adik beliau KH. Murodi pulang mondok dari Lasem, beliau kembali menuntut ilmu ke Tremas. Pengelolaan Pondok Pesantren Futuhiyyah pun diserahkan kepada KH. Murodi. Model pendididkan di Pesantren ini mengembangkan pendidikan formal, pesantren, dan tarekat. Berkembangnya pendidikan formal, bisa dlihat dari didirikannya Fakultas Syariah UNNU. Dalam mengambil model pendidikan, beliau berkiblat pada Pondok Tremas, tempat beliau nyantri.

Rihlah Menuntut Ilmu

Perjalanan menuntut ilmu beliau, dimulai dengan belajar kepada Ayahanda KH. Abdurrahman bin Qasid Al-Hag. Setelah memahami ilmu-ilmu dasar, beliau melanjutkan belajar pada KH. Ibrahim Yahya di Brumbung, Mranggen. Kala itu, beliau sempat diajak untuk ikut melaksanakan ibadah haji. Namun beliau menolak dan memilih melanjutkan belajar ke Pesantren Mangkang Kulon, Semarang. Perjalanan beliau berlanjut ke Sarang, Rembang, KH. Muslih berguru pada Kiai Zubair Dahlan dan Syeikh Imam. Selama di Rembang, beliau juga ikut santri kalong kepada KH. Ma’shum, Lasem. Setelah sempat pulang, baru beliau melanjutkan pendidikan ke Tremas.

Saat di Tremas, beliau langsung mengajar Kitab Alfiyyah. Awal cerita, ketika baru datang ke Tremas setelah mendirikan kembali pesantren Futuhiyyah dan menyerahkan kepada adiknya. Beliau langsung diminta oleh KH. Ali Maksum (Krapyak), yang kala itu menjabat sebagai kepala madrasah, untuk mengajar Kitab Alfiyah. Mulanya, KH. Muslih menolak, beliau merasa belum siap mengajar kitab Alfiyah. Namun, setelah dibujuk oleh guru beliau, KH. Muslih pun bersedia. Ada yang menceritakan, bahwa KH. Muslih hanya membutuhkan waktu tujuh hari untuk mempelajari Kitab Alfiyah baik kepemahaman maupun pendalaman.

Wallahu A’lam

About Post Author

Abidzar Maulana

Ingin bisa segalanya, termasuk menulis
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like