web analytics
AD PLACEMENT

Puasa Adalah Milikku dan Aku Yang Akan Membalasnya!

AD PLACEMENT
0 0
Read Time:3 Minute, 18 Second

Puasa adalah ibadah yang penting. Selain termasuk salah satu dari rukun islam, puasa banyak manfaat dari kaca mata kesehatan dan jiwa karena berkat menahan lapar dahaga itu. Tak hanya itu, pentingnya, puasa langsung menghadap Allah. Maksudnya, jika syahadat, masih bisa orang tau dengan mendengarnya. Sholat, masih bisa orang tau dengan melihat gerakannya. Zakat, masih bisa orang tau karena menerima hasil zakatnya. Haji, masih bisa orang tau karena menyaksikan keberangkatannya. Lalu, puasa? Lesunya wajah atau tidak, itu tak terlalu penting. Niat dan semua kesungguhan tergantungkan kepada Allah Swt.

Oleh karena itu, kita sering mendengar akan dalil,

الصوم لي وانا اجزى به

“Puasa adalah milikku dan aku akan membalasnya.”

AD PLACEMENT

Dalam kitab Durrotun Nashihin yang menukil dari kitab Miftahu As-Sholat, Syekh Utsman bih Hasan bin Ahmad Asy-Syakir Al-Khaubawi menjelaskan akan penafsiran dalil tersebut,

روي عن رسول الله صلى الله عليه وسلم حاكيا عن ربه تعالى: وكل حسنة يعملها ابن ادم يضاعف له اجرها من عشرة الى سبعمائة ضعف الاالصوم فاءنه لي وانا اجزى به

Diriwayatkan dari Rasulullah Saw menyampaikan firman Tuhannya Yang Mahatinggi: “Tiap-tiap kebaikan yang dikerjakan oleh anak Adam pahalanya dilipat gandakan dari sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa. Karena sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Akulah yang akan memberi ganjaran atasnya”.

اختلف العلماء في قوله تعالى الصوم لي وانا اجزى به مع ان الاءعمال كلهاله وهو الذي يجزى بها-على اقوال: احدها ان الصوم لايقع فيه الرياء كما يقع في غيره لاءن الرياء يقع لاءبن ادم وانما الصوم شيء في القلب وذلك ان الاءعمال لاتكون الابالحركات الا الصوم فاءنما هو بالنية التي تخفى عن الناس

AD PLACEMENT

Para ulama berselisih pendapat mengenai firman Allah Taala: “Puasa itu untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran atasnya”. Padahal semua amal itu adalah untuk-Nya juga dan Dialah yang memberi pahalanya.

Pertama, bahwa dalam puasa tidak terjadi riya, seperti halnya yang terjadi pada selain puasa. Karena riya (sifat ingin dipuji) itu suka terjadi pada diri manusia, sedang puasa itu tidak lain adalah suatu yang ada di dalam hati. Yakni, bahwasanya semua amal itu biasanya berupa gerakan-gerakan lahiriah yang bisa dilihat, selain puasa. Adapun puasa adalah hanya dengan niat yang tidak diketahui oleh orang lain.

وثانيها ان المراء بقوله انا اجزي به انفرد وبعلم مقدارثوابه وتضعيف اجره: واما غيره من العبادات فقد يطلع عليها بعض الناس

Kedua, bahwa maksud dari firman Allah, “dan Aku memberi ganjarannya”, ialah bahwa hanya Dia sendirilah yang mengetahui kadar pahala puasa itu dan penggandaan ganjarannya. Adapun ibadah-ibadah yang lain, terkadang dapat diketahui oleh sebagian orang.

AD PLACEMENT

وثالثها معنى قوله الصو لي وانا اجزى به اي انه اجب العبادة اليه

Ketiga, makna dari firman Allah, “Puasa itu untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran atasnya”, adalah bahwa, puasa itu merupakan ibadah yang paling disukai oleh-Nya.

ورابعها الاءضافة اليه وهي اضافة تثريف وتضعيف كما يقال بيت الله

Keempat, penyandaran puasa kepada diri-Nya (puasa itu untuk-Ku) adalah penyandaran yang berarti pemuliaan dan penggandaan, seperti kalimat Baitullah (Rumah Allah).

وخمسها ان الاستغناء عن الطعام وغيره من الثهادات من صفات الرب فلما تقرب الصائم الى الله بما يوافق صفاته اضافة اليه

Kelima, bahwa sikap tidak memerlukan makanan dan keinginan-keinginan lainnya adalah termasuk sifat-sifat Tuhan. Dan karena orang yang puasa itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu sikap yang sesuai dengan sifat-sifat-Nya, maka disandarkanlah ia kepada-Nya.

وسادسها ان المعنى كذلك لكن بالنسبة الى اللائة لاءن ذلك صفاتهم

Keenam, bahwa artinya memang seperti itu, tetapi dalam kaitannya dengan malaikat. Karena, itu semua adalah sifat-sifat mereka.

وسابعها ان ظيع العبادات يوافي منها مظالم العباد الاالصيام

Ketujuh, bahwa semua ibadat bisa dikurangi pahalanya guna menebus perbuatan-perbuatan aniaya terhadap sesama manusia, kecuali pahala puasa.

وتفق العلماء على ان المراد بالصوم في قوله الصو لي وانا اجزى به صيام من سلم صيامه من المعاصي قولا وفعلا

Namun demikian, semua ulama sepakat bahwa, yang dimaksud dengan “puasa” di dalam firman Allah, “Puasa itu untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran atasnya”, adalah puasa orang yang puasanya itu bersih dari maksiat, baik berupa perkataan maupun perbuatan.

Wallahu A’lam.

 

About Post Author

Aqna Mumtaz Ilmi Ahbati

Penulis Baik Hati, Tidak Sombong, dan Rajin Menabung*
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

AD PLACEMENT

Penulis Baik Hati, Tidak Sombong, dan Rajin Menabung*

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
Sholat Tarawih Cepat, Bagaimana Hukumnya

Sholat Tarawih Cepat, Bagaimana Hukumnya

Penjelasan Hakikatnya Ilmu dan keutamaannya, di Awal Pengajian Ramadhan kitab Ta’limul Muta’alim

Penjelasan Hakikatnya Ilmu dan keutamaannya, di Awal Pengajian Ramadhan kitab Ta’limul Muta’alim

Merefleksikan Ungkapan “Urip Mung Mampir Ngombe”

Merefleksikan Ungkapan “Urip Mung Mampir Ngombe”

Memahami Khidmah dan Barokah

Memahami Khidmah dan Barokah

Menjaga Adab Membagun Hubunggan Baik

Menjaga Adab Membagun Hubunggan Baik

Pondok Pesantren Darur Rasyidah Gelar Majlis Dhiyaul Lami’ dalam Peringatan Isro’ Wal Mi’roj

Pondok Pesantren Darur Rasyidah Gelar Majlis Dhiyaul Lami’ dalam Peringatan Isro’ Wal Mi’roj

AD PLACEMENT