web analytics

Yuk! Ambil Hikmah Dari Sebuah Seni

Yuk! Ambil Hikmah Dari Sebuah Seni
karya lukis dari seorang penulis
0 0
Read Time:3 Minute, 29 Second

Kita sering sekali mendengar istilah kata seni. Ketika terbesit mengenai seni, pasti kita akan terbayang-bayang oleh kata estetika, keindahan, dan hal yang mencengangkan. Hal ini memang menjadi ciri khas dalam dunia seni itu sendiri.

Seni secara bahasa ialah sesuatu hal yang halus. Secara istilah ialah sesuatu yang mengandung nilai estetika. Kehidupan manusia tidak akan terlepas dengan nilai seni, karena seni bisa menjadi stabilisator antara pengembangan ilmu dan teknologi. Maka, seni memiliki peranan penting untuk keberlangsungan sebuah kehidupan. [1]

Sedangkan seni dalam kehidupan (buatan atau ciptaan dari manusia), tokoh-tokoh go internasional beragam variatif mendefinisikan sebuah seni. Salah satunya Ki Hajar Dewantara, yang telah kita kenal sebagai Bapak Guru Bangsa. Ki Hajar Dewantara mendefinisikan seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia. [2]

Definisi beliau ini sangat kompleks sekali, bahwa manusia memiliki perasaan yang ingin diluapkan. Sehingga beragam bidang dalam peluapannya, salah satu contoh seperti peluapan perasaan melalui karya seni lukis. Karya seni lukis juga harus mengandung sebuah nilai yang indah. Sehingga orang lain yang melihat karya tersebut akan tergetar jiwa perasaanya.

Jika kita lebih teliti lagi, sebelum ada ciptaan seni dalam kehidupan manusia, seni ciptaan Allah sudah ada sejak dahulu. Sebenarnya Allah Swt. sudah menunjukan kepada kita, bahwa langit dan dunia seisinya merupakan bentuk dari sebuah seni, sehingga patut sekali kita sebagai hambanya harus bisa mensyukuri atas kekuasaanya. Hal ini juga difirmankan oleh Allah Swt:

فَلَمْ يَنظُرُوٓا۟ إِلَى ٱلسَّمَآءِ فَوْقَهُمْ كَيْفَ بَنَيْنَٰهَا وَزَيَّنَّٰهَا وَمَا لَهَا مِن فُرُوجٍ

“Maka apakah mereka tidak melihat akan langit yang ada di atas mereka, bagaimana Kami meninggikannya dan menghiasinya dan langit itu tidak mempunyai retak-retak sedikitpun?” {QS. Qaf ayat. 06}.

Kemudian di dunia dan seisinya, dalam lingkup kecil seperti tumbuh-tumbuhan, Allah Swt telah berfirman:

وَهُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءًۚ فَاَخْرَجْنَا بِهٖ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَاَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًاۚ وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَّجَنّٰتٍ مِّنْ اَعْنَابٍ وَّالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ اُنْظُرُوْٓا اِلٰى ثَمَرِهٖٓ اِذَٓا اَثْمَرَ وَيَنْعِهٖ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكُمْ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

“Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. ” {Qs. Al-An’am Ayat 99}.

Dengan ini kita akan sadar, bahwa seni yang memiliki nilai tinggi serta tiada tandingannya, hanyalah seni ciptaanya Allah Swt. saja. Untuk sebuah karya dari manusia, hanya hasil pemvisualan semata sebagai bentuk rasa bersyukur kepada Allah Swt atas kekuasaanya.

Mungkin dari sini kita bisa sedikit memetik hikmahnya, dalam dunia seni hanya Allah lah yang memiliki seni bernilai tinggi, kita hanya sebuah hamba yang kagum dan takjub atas kekuasaanya, agar hanya rasa bersyukurlah yang ada pada diri kita.

Wallahua’alam.

Ref:

  1. Purwanto, Y. (2010). Seni Dalam Pandangan Alquran. Jurnal Sosioteknologi9(19), 782-796.
  2. Safliana, E. (2018). Seni Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Islam Futura7(1), 100-107.

Penulis : Muhamad Burhanudin

About Post Author

Burhan Udin

Anak ingusan yang mencari ridho dalam dunia literasi.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like