Muhammad Utsman Al-Ishaqi ayah dari Ibu Nyai Zakiyyah Miskiyyah istri tercinta KH. Imam Yahya Mahrus. Lahir di Jatipurwo, Surabaya. Tepatnya hari Rabu, bulan Jumadil Akhir, 1334 H/April 1916 M. Beliau merupakan keturunan dari Sunan Gunung Jati dari jalur ayah, KH. Munadi. Beliau juga keturunan dari Sunan Giri dari jalur ibu, Nyai Hj. Surati. Beliau merupakan murid kesayangan dari Syaikhona Kholil, KH. Hasyim Asy’ari, dan KH. Romli Tamim.
Pendidikan
Sewaktu kecil, Kyai Utsman sempat tidak pulang dari madrasah sampai larut malam. Kekhawatiran pun melanda, Kyai Nur yang sewaktu itu menjadi guru beliau di madrasah, mencari keberadaan Kyai Utsman yang ternyata berada di pondok pesantren milik Kyai Khozin Panji. Sesampainya Kyai Nur ke Siwalan Panji ternyata Kyai Utsman sudah ke poondok Kyai Munir Jambu, Madura. Mendengar Kyai Utsman berada di Madura, Kyai Nur memberitakannya kepada orang tua Kyai Utsman. Mendengar kabar tersebut, orang tua Kyai Utsman berpesan kepada Kyai Nur untuk tidak usah mencari lagi. Kabar bahwa Kyai Utsman sehat itu sudah cukup bagi kedua orang tua beliau.
Tidak lama berada di pondok Kyai Utsman sakit keras, lalu memutuskan untuk pulang. Beliau langsung dipondokan ke Tebu Ireng, kepada KH. Hasyim Asy’ari. Selanjutnya, beliau dipondokan kepada KH. Romli Tamim di Peterongan. Menariknya, saat beliau dikirim ke Peterongan Kyai Utsman hanya berbekal satu lembar sarung, sehingga saat sarung milik Kyai Utsman terkena najis beliau memakaikan tikar sebagai sarung untuk shalat. Beliau juga tidak pernah pulang ke rumah, kecuali badan beliau sudah benar-benar kurus. Pernah suatu ketika beliau pulang ke rumah dalam keadaan gemuk, spontan nenek beliau memarahi beliau “Kalau kamu tinggal di pondok hanya untuk makan dan minum saja, lebih baik kamu tinggal di rumah saja”.
Mursyid Thariqot
Beliau merupakan Mursyid Thariqot Qadiriyah wa Naqsabandiyah, meneruskan perjuangan guru beliau di Rejoso, Peterongan, Jombang, yakni KH. Romli Tamim setelah merampungkan belajar di sana. Menurut cerita, pembaiatan Kyai Utsman langsung oleh Kyai Romli hari rabu bulan Sya’ban tahun 1361 H/1941 M. Pada saat pembaiatan menjadi mursyid, beliau dipanggil oleh Kyai Romli pada pukul 02:00 malam. Lalu beliau diperintahkan untuk duduk di atas Burdah (jaket khas bangsa Arab) di atas tempat tidur Kyai Romli. Padahal saat itu Kyai Utsman sedang bertelanjang kaki yang memang sudah menjadi adat di sana saat sowan ke ndalem Kyai. Bertepatan pula hari sedang hujan yang membuat kaki beliau penuh lumpur. Setelah itu beliau dipinjami tasbih.
Awalnya, Kyai Utsman mengatakan ketidaksiapannya kepada Kyai Romli. Namun, seketika itu juga beliau langsung pingsan, saat bangun dari pingsan beliau sudah menjadi Jadzab. Seminggu beliau menjadi Jadzab. Pada suatu malam beliau menyampaikan bahwa akan ada tamu yang akan datang. Tepat seperti apa yang beliau katakan, sekitar pukul 8 malam, Kyai Utsman membuka pintu lebar-lebar dan menyambut tamu-tamu beliau yang tidak kasat mata itu.
Paginya, beliau memberikan surat dan berujar kepada Kyai Hasyim Bawean bahwa yang datang adalah Nabi Muhammad Saw beserta Nabi Khidir A.S, lalu memerintahkan KH. Hasyim Bawean untuk menyampaikan surat tersebut kepada Kyai Romli. Setelah surat itu sampai ke tangan Kyai Romli, seketika itu beliau langsung mengucapkan “Alhamdulillah, saya sudah punya penerus” yang diulang sampai 3 kali. Maka, dengan kejadian tersebut Kyai Utsman resmi dibaiat menjadi Mursyid.
Setelah seminggu menjadi Mursyid, beliau berhasil menyusun silsilah Thariqat Qadiriyah wa Naqsabandiyah yang diperintahkan oleh KH. Romli sebelumnya, lalu diberi nama dengan Tsamrat Al-Fikriyyah.
Adab Kyai Utsman Kepada Guru-Guru beliau
Saat KH. Utsman sudah pulang kembali ke Surabaya. Beliau tetap istiqomah mengikuti pengajian KH. Romli di Jombang. Kadang, beliau berangkat dengan berjalan kaki, namun setelah pada suatu ketika ditemui KH. Hasyim Asy’ri dalam perjalanan lalu diajak untuk berangkat bersama menggunakan mobil. KH. Hasyim berpesan “Jangan berjalan kaki terus” Beliau akhirnya beberapa kali ditemui berangkat menggunakan kendaraan. Semata untuk menuruti perintah guru beliau, KH. Hasyim Asy’ari.
Ketadziman beliau terhadap guru, juga tercermin dari inisiasi digagasnya pembacaan rutin manaqib yang menjadi wirid Kyai Utsman. Menurut cerita, saat masih di pondok beliau sudah sering mengisi ceramah sampai-sampai dijuluki “singa podium”Pada suatu ketika, saat beliau seang berceramah di Jombang. Tanpa beliau duga, Kyai Romli Tamim juga turut datang ke acara tersebut. Tanpa piker panjang Kyai Utsman langsung mengakhiri ceramahnya dan menggantinya menjadi pertunjukan wayang. Mendalang menjadi pilihan beliau karena Kyai Romli tidak bisa mendalang, hal itu dipilih Kyai Utsman untuk menghindari kesan menyaingi guru beliau.
Untuk menghindari hal serupa, Kyai Utsman berinisiatif untuk menganti agenda ceramah dengan agenda pembacaan manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jaelani, juga diisi dengan istighotsah karangan guru beliau, Kyai Romli Tamim untuk menyabung Ta’aluq antara guru dan murid.
Wafat
Muhammad Utsman Al-Ishaqi, wafat saat tarhim subuh pada tanggal Ahad 8 Januari 1984 M. Tepatnya, tanggal 5 Rab’uts Tsani 1404 H. Kyai Utsman wafat di Rumah Sakit Islam Surabaya dan dimakamkan di Pondok Sepuh, Jatipurwo, Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir.