web analytics

Kelas Jurnalistik di LDKS Mts Al-Mahrusiyah

Kelas Jurnalistik di LDKS Mts Al-Mahrusiyah
0 0
Read Time:1 Minute, 40 Second

Kediri, Elmahrusy Media.

Jum’at (13/10) Madrasah Tsanawiyah Al-Maharusiyah mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).

Acara yang dilaksanakan selama 3 hari dan berada di Lapangan Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Tenda-tenda kemah telah berdiri sebagai tempat singgah para siswa kelas 7 dan 8, sebagai peserta. Selama itu para siswa diharuskan mengikuti berbagai kegiatan, seperti membangun tenda, upacara, ishoma, juga berbagai pemaparan materi dengan tema yang beragam.

Khusus untuk hari kedua ini, ada 3 materi yang akan disampaikan. Selain pemaparan materi Wiyata Mandala, Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan oleh Bpk. Bustanul Arifin M.Pd dan materi Etika dan Kepribadian Pemimpinan oleh Bpk. Roris Dwi Saputra, salah  satunya adalah materi Literasi Digital oleh teman-teman Elmahrusy Media.

Dalam materi Literasi Digital ini dibagi ke dalam 3 kelas. Ada kelas kepenulisan yang bertempat di tenda, kelas fotografi di perkebunan, dan kelas karikatur di warung. Materi disampaikan olah para pemateri dengan begitu jelas dan ekspresif, sehingga timbul kelas yang interaktif dan semangat. Sesi tanya jawab pun dibuka dan langsung disambut dengan berbagai pertanyaan dari para peserta yang begitu haus akan materi kelasnya masing-masing. Setelah kurang lebih 1 jam materi dan dirasa cukup akan sesi tanya jawab, para peserta langsung mempraktekkan dari materi yang sudah disampaikan. Mereka sibuk dan begitu fokus apa yang ditugaskan.

Pada LDKS kali ini, acara yang menggandeng osis dan pramuka, memang sangat menekankan akan sikap kepemimpinan yang diharapkan bisa timbul dengan alami dari diri para peserta. Karena juga kegiatan ini hanya diikuti oleh siswa Mts yang laki-laki  yang memang diharuskan memiliki sikap kepemimpinan dan tanggung jawab yang lebih. Selain itu karena sesuai dengan tema yang diusung pada LDKS kali ini, yaitu ”Membentuk Generasi Pemimpin yang Disiplin, Berani, Cerdas, dan Berakhlak Mulia.”

Setelah berlelah, suara kumandang adzan menandakan datangnya waktu sholat jum’at. Kegiatan selesai, para peserta dipersilahkan istirahat dan mandi guna persiapan sholat jum’at di Masjid Al-Ittihad yang berada tak jauh dari lokasi lapangan. Setelah itu, makan siang sudah disiapkan oleh pihak panitia.

Sekian dan terima kasih.

About Post Author

Aqna Mumtaz Ilmi Ahbati

Penulis Baik Hati, Tidak Sombong, dan Rajin Menabung*
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like