web analytics

Semarak Tahun Baru Islam Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah Lirboyo, Laksanakan Pembacaan Do’a Awal Tahun dan Do’a Akhir Tahun

Semarak Tahun Baru Islam Pondok Pesantren HM Al-Mahrusiyah Lirboyo, Laksanakan Pembacaan Do’a Awal Tahun dan Do’a Akhir Tahun
0 0
Read Time:1 Minute, 20 Second

Kediri, El Mahrusy Media. 06/07 sabtu sore, Pondok Pesanten HM Al-Mahrusiyah Lirboyo, melaksanakan do’a akhir tahun 1445 H dan do’a awal tahun pada 1446 H di halaman Gedung belakang MA/MTS Al-Mahrusiyah. Momentum ini, di ikuti oleh seluruh santri putra HM Al-Mahrusiyah mulai dari MTS, MA, dan juga mahasiswa. Dalam pelasaknaanya di awali dengan pembacaan Tahlil, Jama’ah sholat magrib, pembacaan do’a yang pimpin langsung oleh Agus Izzul Mauladliyaulloh.

Pelaksanaan do’a akhir tahun 1445 H dan do’a awal tahun pada 1446 H di mulai dari jam 05:00 Wib sampai jam 06:30 Wib. Untuk pakaian, para santri menggunakan pakaian serba putih sebagai simbol, bahwa tahun baru Islam mencerminkan kembali kepada jiwa yang putih dan bersih. Para santri yang mengikuti kegiatan ini, terlihat sangat antusias dan juga cukup khidmat dalam mengikuti rangkaian acara.

Selain itu, sebagian santri juga ada yang menyiapkan susu untuk di minum selekas pembacaan do’a awal tahun. Hal ini karena meminum susu di saat tahun baru Islam atau 1 Muharrom, menjadi sebuah amaliah, yang di anjurkan oleh Sebagian ulama bahwa susu sebagai simbol untuk mengarungi tahun baru dengan keadaan putih, di tambah lagi susu merupakan pilihan Rosululloh SAW saat Isra Mi’roj, yang di beri pilihan oleh malaikat Jibril antara Khomr dan susu.

Meminum susu di saat tahun baru Islam juga pernah di utarakan oleh Abuya Sayyid Alwi Al Maliki. Selain itu, para santri juga ada yang menulis amalan tahun tahun baru Islam, yaitu menulis lafadh Bismillah sebanyak 113 kali di kertas putih. Hal ini di niatkan untuk tolak balak, memperoleh manfaat dan sebagai benteng.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like