web analytics

Jangan Sampai Bonus Demografi Hangus

0 0
Read Time:2 Minute, 41 Second

Negara kita boleh dikatakan sedang berada di gerbang kesuksesan, sedari dulu Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya raya akan sumber daya yang melimpah, beraneka ragam hayati maupun hewani ditemukan diberbagai penjuru negeri, maka tak heran sebagian ilmuwan menganggap negeri 17 ribu pulau lebih ini sebagai pecahan Atlantis yang masih berada dipermukaan bumi.

Buktinya, Penghasil batubara terbesar no.4 di Dunia, Penghasil emas terbesar no.7 Didunia,  Penghasil Karet no.2 di dunia, Penghasil Kopi no.4 terbesar didunia, Penghasil Nikel no.01 di dunia dan masih banyak kekayaan yang tak terhitung jumlahnya.

Dan supaya kekayaan Sumber Daya Alam  itu bisa dimanfaatkan dengan maksimal, musti membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM)  yang ideal, nah, untuk SDM ini sedari dulu menjadi PR bangsa ini, dimana hanya bisa ekspor bahan mentah dengan harga murah kemudian bahan jadi di import lagi dengan harga yang lebih mahal. Ya gegara kurangnnya teknisi ahli.

Namun, disisi lain Bangsa ini memperoleh keuntungan yang luar biasa dalam hal SDM, ya keuntungan itu bernama Bonus Demografi, apa itu Bonus Demografi? Mari kita telaah, Bonus Demografi adalah suatu negara yang mana penduduknya mayoritas  usia produktif atau angkatan kerja  antara usia 15-64 Tahun, sederhananya jika negara yang memasuki Bonus demografi, rerata penduduknya siap produktif kerja, usia anak-anak ataupun usia lanjut jumlahnya lebih sedikit.

Dan mulai tahun 2020 ini hingga 2030 mendatang Indonesia memasuki era bonus demografi ini dengan presentase hampir 70%,.  Berdasarkan survei penduduk antarsensus (Supas) 2015, jumlah penduduk Indonesia pada 2019 berjumlah 266,91 juta jiwa dengan komposisi penduduk kelompok umur 15-64 tahun (usia produktif) adalah yang terbesar yakni sebanyak 183,36 juta jiwa atau sebesar 68,7% (Sumber: mediaindonesia.com) ditambah lagi Bonus Demografi yang dialami Indonesia ini beberangan dengan gencarnya kemajuan dibidang IT, salah satu contoh konkrit hal positif  yang bisa kita lihat dari dampak bonus demografi ini adalah banyaknya star up yang bermunculan, Bukalapak , Traveloka, Ruang Guru,  Aladokter, Tokopedia, dll. Adalah contohnya yangi merupakan hasil inovasi kawula muda.

Bonus Demografi akan berdampak positif lagi jika penduduk usia kerjanya kreatif, inovatif, mental yang baik, sikap yang arif, berkualitas dan memiliki skill yang menunjang, disisi lain penyerapan tenaga kerja atau lapangan kerjanya tersedia.

Dan Bonus demografi bisa hangus bila penduduk usia kerjanya tidak berkualitas, lembek, moral buruk, dan skill rendah, ditambah penyerapan lapangan kerjanya sempit, jika hal ini benar-benar terjadi bangsa akan mengalami masalah besar.

Lalu bagaimana dengan nasib Bonus Demografi Bangsa Indonesia sekarang, Positif atau negatif yang diraih? Nah, melihat kenakalan remaja Bangsa ini yang sedang mengalami degradasi moral agaknya belum mengarah ke sisi positif, malah mendekati negatif, maka mari berusaha supaya bonus demografi ini tidak hangus dengan bersama-bersama memulai membenahi moral kawula muda, kenapa musti pemuda yang diperbaiki dulu?

  شبان اليوم رجال الغد  “Pemuda hari ini  adalah mereka para pemimpin dimasa yang akan datang”.

Jika generasi muda ini hancur, generasi emas malah banyak malas, maka bonus demografi yang entah kapan akan terulangi lagi ini akan sia-sia, istilahnya mubadzir. Kita bisa mencontoh Jepang, Korea dan China yang telah berhasil memanfaatkan bonus demografi dengan meraih kemajuan pada negaranya. 

Semoga saja bonus demografi ini benar-benar terserap dengan baik, supaya menjadi negara yang maju, baldatun Thoyibatun wa robbur ghofur, amin.

By: Elnahrowi

About Post Author

elmahrusy16

Elmahrusy Media Merupakan Wadah literasi dan jurnalistik bagi santri, alumni dan pemerhati Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like