web analytics

Manfaat Minum Kopi Menurut Ulama’ Beserta Tata Caranya

Manfaat Minum Kopi Menurut Ulama’ Beserta Tata Caranya
0 0
Read Time:2 Minute, 30 Second

Kopi sangat erat sebagai salah satu minuman yang menemani manusia ketika sedang bekerja, berdiskusi, hingga pertemuan resmi. Sejarah kopi berawal dari Abad ke 9 di dataran Ethiopia. Biji kopi asli ditanam langsung oleh penduduk Ethiopia yang berada di dataran tinggi. Sedangkan penyebarannya hingga bisa meluas sampai Afrika Utara, Asia bahkan hingga Pasar Eropa melalui perdagangan yang dilakukan oleh Bangsa Arab.

Kopi masuk ke wilayah Indonesia terjadi pada saat zaman kolonial Belanda. Sebab itulah kopi menjadi sebuah budaya Indonesia dan menjadi rutinitas keseharian masyarakat lokal, yang sampai saat ini kita kenal dengan Ngopi.

Kopi khususnya kopi hitam itu memiliki banyak kandungan nutrisinya, seperti kandungan mineral yang baik untuk tubuh, kalium, magnesium dan mangan. Didalamnya juga terdapat vitamin B, diantaranya B2, B3 dan B5. Dibalik rasanya yang khas itu, kopi memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Lalu apa saja itu? Simak penjelasan dibawah ini.

Syeikh Ihsan Jampes, dalam kitabnya Irsyadul Ikhwan fi syurbil Qohwah wa addukhon menyebutkan ada 5 manfaat yang bisa kita dapat dari meminum kopi,

  1. Menambah rasa semangat.
  2. Membuat sehat pencernaan
  3. Mengobati batu dan dahak
  4. Pernafasan menjadi lancar dan sehat
  5. Menjadi stimulus atau vitamin ketika kita belajar atau bekerja untuk menggapai cita-cita.

عليك بأكل البُنِّ فى كلّ ساعة # ففى البنِّ للأكل خمس فوائد نشاط و تهضيم و تخليل بلغَم# تطَيُّب اَنْفاس و عون لقاصد

“Artinya; Minumlah kopi setiap waktu, karena ada lima faidah di dalamnya; Menjadikan diri untuk menjadi lebih rajin dan semangat, melancarkan pencernaan, menghilangkan dahak, memperbaiki alur pernafasan, dan membantu menggapai tujuan.”

Ada lagi salah satu pendapat yang diutarakan oleh Ibnu Hajar Al-Haitami tentang manfaat dari kopi, beliau berpendapat kalau kopi bisa menjadi obat dari hati yang sedang gelisah, bahkan sedang sakit hati sekalipun,

ثم اعلم ايها القلب المكروب أن هذه القهوه قد جعلها اهل الصفاء مجلبة للأسرار مذهبة للأكدار

Artinya: “ketahuilah seseorang yang hatinya sedang gelisah, bahwasanya minuman kopi ini telah dijadikan oleh Ahli Shofwah (Orang-Orang yang bersih hatinya) sebagai pengundang akan datangnya cahaya dan rahasia Tuhan, penghapus kesusahan” (Al’lab Syarh al’ubab).

Keterangan perihal kedahsyatan kopi pun bisa kita temukan melalui sebuah penggalan sya’ir dalam kitab Tarikh Ibnu Thayyib

يا قهوة تذهب هم الفتى # انت لحاوى العلم نعم المراد

شراب اهل الله فيه الشفا # لطالب الحكمة بين العباد

حرمها الله على جاهل # يقول بحرمتها بالعناد

“Ketika pemuda susah kopi adalah pengilangnya, bagi seseorang yang sedang menuntut ilmu meminum kopi merupakan suatu kenikmatan.   

Kopi banyak diminum oleh orang-orang yang dekat Allah (Ulama’), seseorang yang selalu memberi hikmah dan teladan bagi manusia.

Kopi diharamkan untuk orang bodoh serta mengatakan keharamannya dengan keras kepala.”

Setelah kita tahu manfaat dari minum kopi, ternyata untuk minumnya pun ada tata caranya, Habib Muhhor Ahmad Assegaf memberikan tutorial minum kopi dengan cara untuk membaca doa terlebih dahulu,

اللهم اجعلها نورا لبصري وعافية لبدنى وشفاء لقلبي ودواء لكل داء, ياقوى يامتين

“Allahumma a’j’alha nūran libasharī Wa ‘āfiyatan libadanī wa Syifāa li Qalbī wa dawā an li kulli dāi,  yā qowiyyu yā matīnu”

Sekian, Semoga Bermanfaat

Walllahu A’lam.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like