web analytics

Al-Asyiqiyah Peringati HAUL Nyai HJ. Qomariyah

Al-Asyiqiyah Peringati HAUL Nyai HJ. Qomariyah
0 0
Read Time:2 Minute, 0 Second

Pondok pesantren Lirboyo Al-Mahrusiyah merupakan salah satu pondok yang kini sedang berkembang, terdapat 3 cabang yang telah berdiri di berbagai daerah, Ngampel salah satunya atau lebih di kenal sebagai Ponpes Lirboyo Al-Mahrusiyah III

Kini pondok Al-mahrusiyah III telah mencapai ratusan bahkan ribuan santri dari berbagai daerah. Sistem pondok yang kini semakin maju dengan berbagai acara-acara di dalam nya. Salah satunya, HAUL Nyai HJ. Siti Qomariyah beliau merupakan ibu dari Nyai HJ. Zakiyatul Miskiyah, dan garwo dari KH. Utsman Al Ishaqi.

     Salah satu dari sekian banyak nya asrama yang memperingati HAUL Nyai HJ. Siti Qomariyah ini ialah Asrama Al-Asyiqiyah, yang diasuh oleh beliau KH. Melvin Zainul Asyiqien serta garwo  nya Ning Aliya Harir. HAUL yang bertepatan pada sabtu, 15 Oktober 2022 ini di lakukan dengan penuh ke khusu’an oleh seluruh santri putri di asrama tersebut.

     Acara ini pun tak luput dari ke rawuh an beliau KH. Melvin Zainul Asyiqien, beliau juga memimpin pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani. Pembacaan manaqib ini merupakan salah satu bentuk penghormatan serta himah para santri untuk Nyai HJ. Siti Qomariyah. Acara yang juga diadakan setiap tahun ini ialah sesuatu yang tak asing lagi di telinga para santri, memang biasanya acara ini di laksanakan di masjid Al-Mahrusiyah III, namun pada kesempatan kali ini acara dilaksanakan di asrama masing-masing, dengan tidak menutup ke khusu’an dan ta’dzim para santri.

     Dalam Mauidloh hasanah beliau menuturkan tentang bagaiamana seorang laki-laki hebat yang di belakangnya terdapat wanita hebat juga. Hal tersebut merupakan salah satu dari sifat Nyai HJ. Siti Qomariyah terhadap KH. Utsman Al Ishaqi. Dalam penuturan beliau juga mengungkapkan bahwa seorang perempuan jika sudah menjadi seorang istri selain di tata oleh sang suami harus mau menata keluarganya. Beliau pun berpesan kepada seluruh santri di harap bersungguh-sungguh ketika sedang dalam ranah tholabul ‘ilmi  agar kedepanya menjadi sosok perempuan atau bahkan istri yang mampu menata keluarganya dengan baik.

“wong lanang lek mboten di sokong kaleh wong wedok niku nggeh mboten saget”

Beliau juga menuturkan ketika sedang mencari ilmu selain bersungguh-sungguh harus menempatkan semua pada tempatnya, waktunya belajar, muroja’ah, hafalan, lalaran, dan istirahat ada waktunya sendiri-sendiri. Jangan terlalu tegang dan jangan terlalu sibuat slow.

“semua perkara yang baik itu berada di tengah-tengah”

Itulah sedikit dari sekian banyak isi dari rangkaian acara peringatan HAUL HJ. Siti Qomariyah yang bertepatan di Asrama Al-Asyiqiyah.

Sekian, salam literasi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like